Apa Saja Bahaya Merokok dan Penyakit yang ditimbulkan

Apa saja dampak buruk dari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan ini? Serta penyakit apa saja yang bisa muncul karena kamu merokok? Berikut dibawah terdapat penyakit dan dampak negatif yang disebabkan karena terlalu banyak menghisap merokok:

cara berhenti merokok dengan cepat


Merokok Itu Bikin Sakit Jantung
Rokok adalah salah satu penyebab utama dari serangan jantung. Kematian seseorang yang merokok akibat penyakit jantung cenderung lebih banyak ketimbang kematian akibat kanker paru-paru. Bahkan rokok rendah tar atau rendah nikotin pun tidak bakal mengurangi risiko sakit jantung yang dapat menyerang siapapun. Sebab beberapa dari rokok-rokok yang memakai filter untuk meningkatkan jumlah karbon monoksida yang dihirup, yang membuat rokok itu bahkan lebih memiliki efek buruk untuk jantung ketimbang rokok yang tidak ada filter.

Nikotin yang terdapat dalam sebatang rokok dapat membuat jantung kamu berdebar lebih cepat dan menaikan kebutuhan tubuh kamu akan oksigen. Asap rokok juga mengandung karbon monoksida yang tentunya beracun. Zat beracun ini menyelinap menuju aliran darah dan bisa menghalangi aliran oksigen ke jantung dan ke organ tubuh penting lainnya. Nikotin bisa mempersempit pembuluh darah sehingga aliran oksigen lebih diperlambat lagi. Itu sebabnya para perokok mempunyai risiko terserang penyakit jantung yang amat tinggi.

Merokok Itu Berpotensi Membuat Kita Terjangkit Kanker Paru-Paru

Asap yang mengepul dari hembusan para perokok mengandung banyak zat kimia penyebab kanker. Asap yang diisap terdapat berbagai zat kimia yang bisa mengobrak-abrik paru-paru. Zat ini bisa memicu risiko kanker khususnya pada paru-paru. Kanker paru-paru adalah kanker yang paling umum yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok. Menyebarnya kanker paru-paru dalam tubuh berlangsung secara senyap hingga menjadi stadium yang paling atas tanpa begitu terasa diawal. Dalam banyak kasus, kanker paru-paru bisa mematikan seseorang dengan cepat.

Merokok Itu Menyebabkan Emfisema
Perokok berat yang telah bertahun-tahun akan terjangkit emfisema. Emfisema adalah penyakit yang secara perlahan bakal membuat paru-paru hilang elastisitasnya. Kalau paru-paru kehilangan keelastikannya, maka akan susah untuk membuang udara kotor. Tanda-tandanya adalah mulai mengalami kesulitan dalam bernapas baik pada pagi maupun malam hari. Lalu gampang terengah-engah. Tanda lainnya adalah kerap mengalami flu berat, dibarengi dengan batuk yang berat, dan mungkin dengan bronkhitis kronis. Batuknya acapkali tidak berhenti dan menuju ke level kronis.

Merokok Itu Membuat Kamu Lebih Cepat Tua
Hasil dari penelitian terhadap orang-orang yang merokok menunjukkan bahwa wajah para perokok baik laki-laki maupun perempuan lebih cepat keriput ketimbang mereka yang bukan perokok. Proses penuaan dini ini meningkat berbanding lurus dengan kebiasaan dan jumlah batang rokok yang dikonsumsi dari hari ke hari. Penelitian tersebut memaparkan bahwa para perokok berat mempunyai keriput pada kulit nyaris lima kali lipat ketimbang non-perokok. Bahkan proses penuaan dini sudah diawali bagi para remaja yang terbiasa merokok tanda-tandanya seperti kulit keriput, gigi menguning, dan bau nafas tak sedap.

Merokok Itu Menimbulkan Kerusakan Bagi Tubuh
Efek negatif merokok tidak cuma membahayakan paru-paru, jantung, dan juga saluran pernapasan. Kebiasaan merokok menurut penelitian dapat membuat jaringan tubuh lainnya rusak. Belasan penyakit yang erat kaitannya dengan penggunaan tembakau bahkan mencakup pneumonia (radang paru-paru), penyakit gusi, leukemia, katarak, kanker ginjal, kanker serviks, dan sakit pada pankreas. Penyebabnya karena racun yang dihasilkan dari asap rokok menyebar ke mana-mana melalui aliran darah. Merokok bisa mengakibatkan penyakit yang bisa dirasakan di hampir setiap organ tubuh.

Mengapa Sebaiknya Kamu Berhenti Merokok?
Apakah kamu sudah menyadari apa saja bahaya dari merokok? Akibat merokok terhadap kesehatan tubuh benar-benar amat merugikan kamu. Menurut statistik, di seluruh dunia, jumlah kematian karena penyakit akibat merokok berjumlah nyaris tiga kali dari jumlah orang yang meninggal yang disebabkan alkohol dan narkoba. Bahkan jumlah perokok yang meninggal karena penyakit itu berjumlah enam kali lipat jika dibandingkan karena kecelakaan lalu lintas. Selain itu, umur perokok biasanya 13 hingga 14 tahun cenderung lebih pendek dibandingkan orang yang tak merokok. Cara mengurangi kebiasaan merokok sebenarnya gampang-gampang susah tapi jika kamu menjalaninya dengan sungguh-sunggu dan dengan tekad yang kuat tentu kamu mampu untuk melakukannya.

0 Response to "Apa Saja Bahaya Merokok dan Penyakit yang ditimbulkan"

Posting Komentar